Buat Ibu Hamil, Makan Ini Wajib Kamu Hindari

Category : Kesehatan

Banyak hal yang harus diperhatikan bagi ibu hamil, apalagi hamil yang pertama kali makin banyak Pantangan dan Larangannya, termasuk masalah makan bagi ibu hamil juga harus kita perhatikan supaya tidak terjadi hal yang tidak di inginkan, seperti keguguran dan lain sebagainya.

Ibu Hamil, Foto : medianita.com

Nah Untuk lebih jelas, berikut Rifazo.com share Khusus Buat Ibu Hamil makanan yang Dilarang atau harus dijauhi.

  • Sushi

Makanan pertama yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil adalah Sushi. Hindari mengonsumsi sushi dengan potongan daging mentah atau yang dimasak kurang matang ketika sedang berbadan dua. Konsultan Nutrisi, Ria Amelia, mengatakan makanan mentah dihindari karena takut banyak mengandung bakteri.

Makanan mentah mengandung toksoplasmosis. Toksoplasmosis merupakan sejenis parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin. baca juga : Hal Yang tidak boleh dilakukan ketika haid

Bakteri serupa juga bisa terdapat pada sayuran yang dimakan mentah namun pencuciannya kurang bersih. Oleh sebab itu bersihkan sayuran dengan baik saat ingin dikonsumsi terutama salad dan lalapan.

  • Alkohol

Alkohol tidak bagus untuk ibu hamil. Ria mengatakan alkohol bisa memberikan racun untuk bayi dalam kandungan. Minuman ini juga bisa menyebabkan kelainan perkembangan pada janin Anda. Hindari minum alkohol selama hamil agar tidak membuat kesehatan Anda dan janin memburuk.

  • Kopi

Minuman berkafein seperti kopi sebaiknya dikurangi selama masa kehamilan. Ria mengatakan kafein bisa meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat yang kecil sehingga perlu penanganan khusus setelah proses persalinan. “Kafein itu bisa memungkinkan bayi kurang dari 3.000 gram, kalau kurang maka bayi bisa masuk inkubator dan mendapatkan penanganan lebih lanjut dari dokter,” urai Ria.

Meski demikian, penelitian menunjukkan mengonsumsi dua cangkir kopi per hari tidak merugikan terhadap kehamilan dan angka keguguran.

  • Obat Herbal

Banyak orang yang percaya dan terus terusan mengkonsumsi obat herbal, orang percaya obat herbal lebih baik dikonsumsi ketimbang obat kimia. Namun bagi calon ibu sebaiknya berhenti mengonsumsi obat-obatan yang tidak perlu seperti yang disarankan dalam buku ‘Cara Baru Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan’ karya F. Rene Van de Carr, M.D. dan Marc Lehrer, Ph.D.

Obat-obatan tersebut bisa mempengaruhi otak dan perkembangan saraf bayi, tak terkecuali yang terbuat dari herbal jamu juga perlu diwaspadai. Meskipun tujuannya baik, tetap saja obat-obatan tersebut berisiko membahayakan perkembangan bayi. Sebaiknya berkonsultasilah pada dokter sebelum mengonsumsi obat tertentu.

  • Keju

Makanan seperti keju, mozzarella, susu skim, kambing dan domba serta susu yang tidak dipasteurisasi memungkinkan mengandung bakteri listeria. Listeria adalah tipe bakteri yang mampu menembus plasenta dan bisa menyebabkan infeksi janin.

Jika wanita hamil terinfeksi bakteri ini dampak buruknya bisa membuat keguguran, kelahiran prematur, dan keracunan dalam darah. dan baca Juga Manfaat Buah Pisang

Sponsored Ad

Related Posts