Mandi Pada Waktu ini Bisa Berakibat Mati Mendadak

Masih Ingat Beberapa waktu lalu jagat dunia maya dihebohkan dengan kisah kematian Nenek Liu berusia 53 tahun. Ia meninggal dunia pada 1 Agustus saat tengah mandi.

Hari itu sangatlah panas dengan suhu meraih 38°, dan lantaran panas yang tidak tertahankan, nenek Liu menceburkan kepalanya ke satu bak mandi yang terisi air dingin.

Malam itu, jantung nenek ini sudah tidak nyaman rasanya, keluarganya menduga dia dehidrasi lantaran terlampau lama di luar, oleh karenanya mereka membaringkan dia di kasur untuk beristirahat. Namun kondisinya makin parah serta sakit di dadanya semakin menjadi-jadi.

Keadaan makin menegangkan. Keluarga segera membawanya ke rumah sakit terdekat serta menemukan pembuluh darah ke hati nenek tersumbat.

Bukan sekedar itu, arteni koronernya juga tersumbat. Sesudah melakukan beberapa usaha penyelamatan, nenek Liu pun meninggal dunia.

Air dingin merangsang penyumbatan pembuluh darah, tidak terkecuali suhu udara yang panas.

Dokter menyampaikan, keadaan ini umumnya berlangsung waktu musim dingin, namun tak tertutup kemungkinan juga dapat terjadi waktu suhu udara yang panas.

Dingin mendadak bukan sekedar membuat pembuluh darah menyusut, namun juga bikin tekanan darah bertambah, bahkan juga membuat arteri kita tegang serta pecah bila terlampau parah.

Kondisi-kondisi itu yang membuat pembuluh darah kita tersumbat dan membahayakan jiwa.

Berikut 6 keadaan yang tidak cocok untuk mandi, seperti dilansir dari laman tipssehat99.tk.

1. Tekanan Darah Terlampau Rendah
Karena air mandi yang hangat sampai panas akan membuat pembuluh darah kita mengembang, bila seseorang tekanan darahnya terlampau rendah, itu akan mengakibatkan kekurangan darah serta akan membuatnya pingsan.

2. Wanita dengan Masalah Kesehatan Baiknya Jangan Mandi dengan Air Dingin
Wanita yang mempunyai masalah kesehatan, baiknya jangan memakai air dingin untuk mandi, bila tidak kekebalan
tubuhnya bakal diserang suhu yang dingin serta membuatnya flu.

3. Mandi Setelah Mabuk
Alkohol menghambat aktivitas hati serta menghambat pelepasan glukosa. Sementara itu, bila kita mandi dengan keadaan seperti ini, pencernaan glukosa akan bertambah banyak. Karena itu, tubuh kita bakal menghasilkan gula darah yang terlampau banyak serta membuat kita rentan pusing dan lemas.

4. Langsung Mandi Sesudah Beraktivitas
Langsung mandi sesudah beraktivitas, apakah itu memakai otot atau otak, sebaiknya kita beristirahat terlebih dulu, atau tak akan menyebabkan darah tidak cukup di hati dan bagian dada kita. Hal ini dapat membuat kita pingsan.

5. Jangan Mandi Waktu Demam
Bila suhu badan kita meraih 38℃, disarankan untuk tidak mandi. Saat ini, tubuh kita mengonsumsi panas tubuh kita sebesar 20%, bakal mudah terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat kita mandi dengan kondisi kesehatan seperti ini.

6. Langsung Mandi Sesudah Makan
Setelah selesai makan, darah dalam tubuh kita bakal berkumpul dalam sistem pencernaan, serta fokus bekerja dalam mencerna makanan dalam tubuh kita.

Bila kita mandi waktu itu, pembuluh darah di dalam badan kita bakal mengembang serta darah akan mengulang kembali fungsinya, hal semacam ini yang membuat aliran darah dalam sistem pencernaan kita terganggu.

Tiap-tiap orang pasti mau mandi setiap harinya, namun kita juga harus tahu kapan saat yang tepat untuk mandi agar kita bisa dihindarkan dari yang namanya bahaya. (*)

Sumber : http://kaltim.tribunnews.com/

Sponsored Ad

Related Posts